02/03/2013

Pengertian Jurnal Umum

Pengertian Jurnal Umum

Secara umum jurnal, dapat dikatakan sebagai, buku atau formulir yang digunakan dalam mencatat semua transaksi perusahaan secara kronologis. Kenapa buku atau formulir, karena hanya merupakan media pencatatan yang paling penting adalah bahwa transaksi harus dicatat secara kronologis, sehingga akan dapat menyajikan kondisi keuangan yang sebenarnya. Jurnal dapat juga dikatakan sebagai suatu buku harian untuk mencatat segala transaksi secara kronologis, dimana dalam pencatatan ini sudah ditentukan judul akun yang diperlukan serta jumlah uang yang harus di debit dan jumlah uang yang harus di kredit.

Adapun jenis jurnal yang biasa digunakan adalah jurnal umum dan jurnal khusus. Jurnal khusus hanya digunakan untuk transaksi tertentu saja, sedangkan jurnal umum dapat digunakan untuk semua jenis transaksi. Selanjutnya akan kita pelajari dulu mengenai jurnal umum (general journal). Jurnal ini dikatakan jurnal umum karena jurnal ini yang paling umum dipakai  oleh perusahaan. Jurnal umum ini dikenal juga dengan nama jurnal dua kolom (teo column journal) dan dikatakan demikian karena jurnal ini mempunyai 2 kolom, yaitu kolom debit dan kolom kredit. Berdasarkan penjelasan tersebut di atas, maka tujuan dibuatnya jurnal umum adalah sebagai buku perantara, yaitu untuk mempermudah dalam memasukkan transaksi ke dalam buku besar (general ledger).

Di dalam praktik akuntansi yang sesungguhnya, pencatatan atas suatu transaksi atau sekelompok transaksi yang sama, harus didasari oleh tanda bukti berupa dokumen transaksi seperti faktur, kwintansi, nota debet, nota kredit, cek dan bukti lainnya. Dari dokumen ini transaksi di catat ke dalam jurnal baru kemudian di posting ke buku besar.

Pengaruh transaksi tidak dicatat secara langsung dalam buku besar, tetapi masing-masing transaksi dianalisis dahulu pengaruhnya terhadap elemen-elemen laporan keuangan (aktiva, kewajiban, modal, pendapatan atau biaya) selanjutnya hasil analisis dicatat dalam jurnal dan kemudian baru dipindahkan ke buku besar.

Pengertian Jurnal Umum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ombar Pakpahan