05/03/2013

Pengertian Fungsi dan Contoh Pada Pascal

Pengertian Fungsi
Seperti halnya prosedur, fungsi adalah modul program, yaitu blok program yang ditulis menurut aturan tertentu, dan digunakan untuk membantu bagian utama program.
Pada bab sebelumnya kalian telah diperkenalkan bahwa pada Pascal memilik beberapa FUNGSI STANDARD, seperti : Abs, Sqr, Exp, Ln dan lain-lain. Fungsi-fungsi tersebut dikatakan standard karena memang sudah dibuat dan tersimpan di dalam Compiler Turbo Pascal. Pada saat diperlukan, anda tinggal memanggil saja.
Selain menyedian fungsi-fungsi standard, Turbo Pascal memberi fasilitas kepada anda untuk menciptakan fungsi sendiri, fungsi-fungsi yang anda ciptakan tersebut FUNGSI BUATAN (User Defined Function). Untuk selanjutnya, yang dimaksud dengan fungsi dalam buku ini adalah fungsi buatan, kecuali apabila disebutkan sebelumnya.
Pada dasarnya, cara menciptakan suatu fungsi sama dengan cara membuat prosedur. Struktur keduanya sama. Perbedaan antara prosedur dengan fungsi buatan hanya terletak pada system pertukaran data serta tata cara pemberi namanya saja. Seperti halnya fungsi standard, fungsi buatan dapat menerima beberapa data, tetapi hanya dapat menghasilkan satu keluaran saja.
Fungsi buatan diletakkan sesudah bagian deklarasi (konstanta, type variable) tetapi sebelum blok program utama. Anda dapat mendeklarasikan fungsi pada daerah yang sama dengan deklarasi prosedur.
Fungsi buatan yang sudah diciptakan dapat dipanggil pada saat anda berada di blok program utama, dengan cara menuliskan nama fungsi tersebut, diikuti dengan argument-argumen yang akan dimasukkan.
Pada saat fungsi buatan dipanggil, perjalanan program akan meloncat ke awal fungsi yang dimaksud. Data-data yang ada di dalam parameter akan diolah sehingga diperoleh sebuah hasil. Hasil tersebut akan dibawa kembali ke tempat dimana fungsi tersebut dipanggil.

Contoh
Pada Pascal memiliki fungsi standard yang digunakan untuk menghitung kuadrat suatu bilangan, yaitu fungsi sqr, fungsi ini dapat menerima beberapa argument, tetapi hanya menghasilkan sebuah keluaran saja.
Berikut ini akan dibuat fungsi buatan yang memiliki kegunaan yang sama dengan fungsi sqr, yaitu menghitung kuadrat dari argument.

Program Contoh_FUngsi
VAR
a, b, c : Integer;
p, q : Real;

FUNCTION Kuadrat (zz : Integer) : real;
BEGIN
Kuadrat
END;
BEGIN
Writeln (‘Masukkan tiga bilangan a, b, c : ‘);
Readln (a, b, c);
p := Kuadrat (a);
writeln (‘ a kuadrat = ‘, p);
writeln (‘ b kuadrat  = ‘, Kuadrat (b));
writeln (‘b kuadrat = ‘, Sqr (b));
q := kuadrat (a + b + c);
writeln (q);
END.

Perhatikan bahwa fungsi kuadrat memiliki struktur yang sama dengan sebuah prosedur. Fungsi buatan yang bernama kuadrat ini memiliki sifat yang sama dengan fungsi standar sqr. Setiap kali fungsi kuadrat dipanggil, argumennya akan disalin ke parameter zz, lalu aliran program akan meloncat ke awal blok fungsi kuadrat, dan melakukan proses disana. Setelah selesai, hasil yang diperoleh akan dibawa kembali ke bagian utama program.

Pengertian Fungsi dan Contoh Pada Pascal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ombar Pakpahan